Header Ads

Jadikan Karya-karya Foto Kamu Menjadi Aset untuk Dijual

Sebagai seorang yang menjalani profesi sebagai fotografer terkadang kita bingung mau diapakan foto-foto tersebut yang tersimpan di dalam hardisk. Apalagi bagi seorang fotografer yang menjalankan kesibukan memotret hanya untuk mengisi kesibukan dan murni menjalankan hobinya sebagai seorang fotografer.

Foto-foto yang semakin hari semakin menumpuk di dalam hardisk tersebut, makin lama tentu semakin banyak memakan ruang penyimpanan di dalam hardisk kita.

Nah ada baiknya foto-foto yang sudah sangat banyak kita koreksi tersebut kita unggah ke berbagai marketplace yang menyediakan layanan menjual karya-karya foto kita.

Namun perlu diperhatikan, bahwa karya-karya foto yang akan kita jual tersebut tidak menimbulkan sengketa hak orang lain, misalnya yang kita foto adalah seorang model, ada baiknya kita meminta persetujuan terlebih dahulu kepada si model dengan cara tertulis. Hal ini untuk menghindari adanya tuntutan hukum apabila si model atau individu yang ada dalam frame tersebut tidak terima atau menuntut secara hukum.

Secara default, nilai jual masing-masing foto tentu berbeda-beda tergantung nilai pasaran dan kebijakan dari masing-masing situs, atau Anda tentu bisa menentukan nilai jual dari karya Anda tersebut. Juga tentang kebijakan-kebijakan dari masing-masing situs pun tentu tidak akan sama persis, yang pasti dari semua situs tersebut mewajibkan keaslian karya foto tersebut dan belum pernah dibeli oleh pihak lain.

Adapun situs-situs terkenal yang bisa kita pergunakan untuk menjual karya-karya fotografi tersebut antara lain:



Shutterstock adalah salah satu situs paling terkenal dan populer untuk menjual karya foto dan video. Cara untuk menjual karya foto di Shutterstock adalah sebagai berikut:

a. Daftar untuk akun penjual di Shutterstock.
b. Unggah foto Anda dengan mengikuti pedoman kualitas dan persyaratan Shutterstock.
c. Setel harga untuk setiap foto yang Anda unggah.
d. Tunggu hingga foto Anda disetujui dan mulai menerima pembayaran ketika foto Anda diunduh.



Getty Images adalah salah satu situs terkemuka untuk menjual foto editorial dan komersial. Cara untuk menjual karya foto di Getty Images adalah sebagai berikut:

a. Daftar untuk akun penjual di Getty Images.
b. Kirimkan portofolio Anda untuk dievaluasi oleh tim Getty Images.
c. Setel harga untuk setiap foto Anda dan setujui lisensi.
d. Tunggu hingga foto Anda dijual dan mulai menerima pembayaran.


Adobe Stock adalah platform penyedia stok foto dan video yang terintegrasi dengan produk Adobe Creative Cloud. Cara untuk menjual karya foto di Adobe Stock adalah sebagai berikut:

a. Buat akun penjual di Adobe Stock.
b. Unggah foto Anda dan atur tag yang relevan dan deskripsi.
c. Setel harga dan pilih jenis lisensi untuk foto Anda.
d. Tunggu hingga foto Anda dijual dan mulai menerima pembayaran.


iStock adalah platform yang dioperasikan oleh Getty Images untuk menjual karya foto dan video. Cara untuk menjual karya foto di iStock adalah sebagai berikut:

a. Daftar untuk akun penjual di iStock.
b. Kirimkan portofolio Anda untuk dievaluasi oleh tim iStock.
c. Unggah foto Anda dan atur tag dan deskripsi yang relevan.
d. Setel harga dan pilih jenis lisensi untuk foto Anda.
e. Tunggu hingga foto Anda dijual dan mulai menerima pembayaran.

Pastikan untuk membaca pedoman kualitas dan persyaratan di setiap situs untuk memastikan karya foto Anda memenuhi standar mereka sebelum mengunggahnya untuk dijual. (shan/kfm)

Follow akun instagram: @shan.kfm

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.